Cara Setting Custom Domain di Blogspot

7/04/2011

Ya, waktu domain blog gue pindah dari www.sayabukanalien.blogpsot.com jadi www.sayabukanalien.com tepatnya pada tanggal 28 Mei 2011, banyak yang nanya gimana caranya. Oke disini gue mau jelasin cara ngubah settingan domainnya jadi ngga blogspot.com lagi, ato bahasa gaulnya mah custom domain, Cara Setting Custom Domain di Blogspot. Ya sekali-kali deh gue posting tutorial, daripada posting yang ga berguna terus  (sadar juga lo my!!) 


Tapi untuk kali ini buat pengguna blogger/blogspot dulu ya, soalnya blog gue juga pake itu sih, tapi bagi pengguna yg lain tenang aja.. akyu masih cuyung kaliand kok. Jangan! jangan close tab nya dulu!!). Yang perlu diketahui adalah ini ngga gratis, dan ada biayanya buat beli custom domainnya. :D


Langkah pertama, yaitu beli domain. Domain itu nama dari blog/web kita, misalnya domain blog gue www.sayabukanalien.com gitu.. nah kalo untuk domain dengan akhiran .com, .net, .web.id, .co.id dan yang gitu-gitu harus beli dulu, gak gratis kayak [dot]blogspot[dot]com, [dot]wordpress[dot]com, dsb.


Beli dimana my? gue cari-cari di matrial sebelah ngga ada tuh..
  



Jah ini lagi beli di matrial -__-" belinya tuh di tukang sayur! hah.. engga kok, tunggu jangan berangkat ke tukang sayur dulu, gue becanda doank itumah ih... ok, sangat banyak pilihan untuk membeli domain di penyedia-penyedia domain baik lokal maupun luar. Kalo mau beli domain yang belakangnya .id (kayak co.id, web.id, sch.id) mningan beli di pandi.or.id, tapi kalo mau beli domain .com kayak blog gue gini, terserah deh beli dimana, tapi kalo boleh saran sih gue beli di dijaminmurah.com, kenapa? karena pembayarannya bisa transfer, gak harus pake kartu kredit seperti kebanyakan penyedia lainnya (maklum gue belum punya kartu kredit, kartu timezone sih banyak), tapi kalo udah punya kartu kredit sih ya kembali lagi... terserah. 
Ini orang mau kasih saran tapi terserah-terserah juga ujungnya!!


Kalo udah beli domain, oh ya domain biasanya harga dan bayarnya per tahun. Oke, misalnya udah punya domain dengan status aktif (artinya udah mulai diitung nih tanggal kadaluarsanya setahun/berapa tahun kedepan) belum cukup untuk bisa mengubah domain .blogspot.com kalian menjadi custom domain. Kalian harus memindahkan DNS Server nya dulu.. kalo untuk memindahkannya bisa pake dnspark.net, gue pake itu sih.
   





Coba kalian buka www.dnspark.net, trus daftar, cek email buat verifikasi, abis itu login pake username dan password yg tadi di daftarin. Terus pilih DNS Hosting >> Add domain. Centang kotak yang tulisan Base DNS Hosting, trus bawahnya kalian isi pake nama domain kalian yang udah kalian beli tadi, lalu klik Add Now (artinya tambahkan sekarang, jangan nunggu kiamat).




Trus kalian klik DNS Hosting lagi, dan klik domain tadi untuk mengeditnya. Perhatikan : ubah Type nya CNAME, Alias Name nya isi www, Destination Namenya isi ghs.google.com, trus tanpa ragu-ragu bagai pegawai teladan yang abis bayar pajak, klik Update All.






Sip, kalian udah berhasil memindahkan DNS Servernya ke blogger/blogspot. langkah selanjutnya adalah ubah settingan nameserver di domain kalian (domain yang udah kalian beli itu). Silahkan login (kalo di dijaminmurah loginnya ke member.dijaminmurah.com), lalu masuk ke settingan domainnya. Nah disitu ada Name Servers isi dengan ini :


fns1.dnspark.net
fns2.dnspark.net


Kalo udah save deh... 




Tapi belum selesai, langkah terakhir tinggal setting di blogger/blogspotnya, login ke dashboard kalian. Terus ke Pengaturan >> Penerbitan, klik domainubahsuaian (err.. kalo dashboard nya B.Indo jadi aneh gini bahasanya, kalo di bahasa Inggris gini Setting >> Publish >> Custom Domain, jangan tanya di dashboard bahasa Arab pilih apaan).


Kalo udah, blogger menawarkan buat beli domain, tapi karena kita udah beli duluan, silahkan klik Beralih ke pengaturan lanjut. Trus tinggal isi domain blog kalian, lengkap pake www, contohnya www.nenek-antusias.com (jangan lupa centang kotak dibawahnya yang arahkan domain tanpa www ke yg ada www nya itu)  Trus ketik capcay nya dah Simpan Setelan (Save gitu bahasa gaulnya!!).




Kongratulesien.. lu udah berhasil memindahkan atau meng-custom blog lu ke domain pribadi.Tapi..... *sreeeet suara sendal kakek-kakek ngerem* #apasih. Mungkin blog lu belum bisa di akses untuk sementara, ya karena proses pemindahan name server, gak perlu nunggu sampe pok Nori manjat pinang kok, paling lama 2 X 24 jamban . Jadi beritau dulu penggemar setia blog kalian, kalo 2 hari ini blog kesayangan mereka ga bisa diakses.. xixixii


   




PERHATIAN!!!


Ganti domain sama juga ganti nama, jadi ini juga mempengaruhi reputasi blog, kayak alexa rank, Page Rank, dll. Ibaratnya kalo kita ganti nama (bubur merah bubur putih), otomatis kalo ketemu orang kita harus kenalan lagi dengan nama yang baru, jadi blog kita itu kenalan lagi sama google, sama alexa, jadinya kayak blog baru gitu deh.. kalo gak percaya bisa diliat www.sayabukanalien.blogspot.com sama www.sayabukanalien.com PR sama Alexa nya beda.. untung www.sayabukanalien.com alexa nya udah ngalahin yg blogpot, tapi PR nya belum..


Kesimpulannya :


Bagi yang blognya udah punya reputasi yang bagus, menurut gue sayang kalo di pindahin ke custom domain gini, banyak kok blog terkenal yang gak pake custom domain, tapi masih pake domain blogspot, contohnya www.terselubung.blogspot.com, www.xfile-enigma.blogspot.com, dan www.oketrik.blogspot.com. Mereka ngga pake custom domain mungkin karena memang reputasi blognya udah bagus, kan sayang..


Tapi kalo blog lu udah punya reputasi bagus tapi tetep pengen ganti jadi custom domain, gue saranin meningan jangan langsung diganti kayak Cara Setting Custom Domain di Blogspot yang gue jelasin diatas. Gue saranin meningan bikin blog baru, setting custom domain di blog baru itu, terus ke redirect ke blog lama lu yang blogspot, dengan begini reputasinya gak ke "reset".


Bagi yang baru punya blog, tapi berencana suatu saat akan ganti ke custom domain, gue saranin meningan jangan nunggu blognya rame atau nunggu Deddy Corbuzier pake rambut Justin Bieber, saran gue secepatnya ganti ke custom domain! kayak yang udah gue bilang diatas, kalo udah rame dan reputasinya bagus terus ganti pake custom domain, maka blog kita jadi kayak terlahir kembali... tanpa dosa.. sayang kan? makannya meningan ganti custom domain sebelum blognya rame :D


Cuma itu yang bisa gue koarkan (bahasa apa ini?) di postingan kali ini, semoga bisa berguna bagi kelangsungan hidup manusia sekalian.. dan kalo ada pertanyaan silahkan ditanya, kalo gak ada pertanyaan gue yang mau nanya kepada mastah-mastah yang lebih ngerti :


Saya setting custom domain seperti tutorial diatas, tapi kok kalo akses dari sayabukanalien.com (tanpa www) blog saya gak kebuka ya? apa ada settingan yang salah? mohon pencerahannya.


What!!?? ramy jadi daritadi lu ngasih tutorial tapi lu sendiri ada masalah kayak gitu?
   




heheheh pis brow, makannya ayo kita bahas sama-sama, apa dengan settingan yang sama seperti diatas kalian juga menemukan masalah yang sama? atau ada solusi settingan yang lebih benar? mari kita bahas
   




ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

37 comments

  1. ada award nih om monggo mampir ke gubug yoh...
    http://genksukasuka.wordpress.com/2011/07/05/award-persahabatan/

    BalasHapus
  2. wah.. makasih nih om..
    secepatnya akan ane comot :D

    BalasHapus
  3. www.nenek-antusias.com isinya apa Ram? Wakakakak...

    BalasHapus
  4. wakakakaka..ga bisa bayangin saya isinya apaan XD

    ngomong2, tau ga om itu blog saya kenapa ga bisa dibuka kalo ga pake www ?

    BalasHapus
  5. Rammy,, saya kasih award nih... ambil ya http://dederohali.blogspot.com/2011/07/blogger-award_07.html :D

    BalasHapus
  6. nah ini gan yang yang saya cari makasih ya...muter-muter bunderan HI nemunya disni wkwkwkwwkwkw......

    BalasHapus
  7. hahaha senang bisa membantu :D

    BalasHapus
  8. Cara setting Blogspot ke cc.cc gmana gan ??
    kalo ada yang tau hubungi saya

    BalasHapus
  9. kalo cc.cc ya pada dasarnya sama.. di kolom nameserver nya diisi nama server dari hosting kita.. :D

    BalasHapus
  10. hahaha,,kocak juga mas tutornya,,hahaha :))

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. [bikin blog baru, setting custom domain di blog baru itu, terus ke redirect ke blog lama lu yang blogspot, ]

    gimana cara redirect blog baru (yang udah dicustom domain) ke blog lama?

    ini artinya, kalo misalkan kita klik www.cobain.com maka bakal redirect ke cobain.blogspot.com gitu ya? atau gimana?

    BalasHapus
  13. iya seperti itu maksudnya :)

    BalasHapus
  14. kenapa ya dari kemaren ga bisa register di dns park???
    selalu ada tulisan "Please enter a state/territory or none."
    padahal udah diisi bener..

    BalasHapus
  15. wah makasi bgt om untuk info nya.. sangat membantu banget.. :D

    BalasHapus
  16. Ane mau tanya nie, gimana ya caranya memindahkan domain dari blogspot ke blogspot yg laen...? please bantuannya ya

    BalasHapus
  17. sob gw tetep masih gak bisa,, tulisannya masih We have not been able to verify your authority to this domain. Error 14.


    napa tuh ya

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. sildenafiilisitraatti Cipla hinta http://everyoneweb.com/edfinl1977a73 levitra vai viagra paremmin [url=http://flavors.me/edfins_leudepepfunk1974] viagra 100mg hinta Intiassa[/url] eriacta Ranbaxy Tadalafil sitraatti wikipedia comprar levitra generico verkossa
    mamoleptino321
    revigorantes sexuais http://surveys.questionpro.com/a/TakeSurvey?id=3403955 tulee VigRX todella toimivat [url=http://everyoneweb.com/edfinl1989a253] vigorexia causas[/url] jarjestyksenvalvoja mies chords saalis vigoroth Pokemon Platinum Generic Viagra alkaen Cipla

    http://www.blogger.com/comment.g?blogID=29547664&postID=116628046131716319&page=1&token=1360727919718 http://www.blogger.com/comment.g?blogID=36562962&postID=8425388291698113304&page=1&token=1360793232186 http://www.blogger.com/comment.g?blogID=3821676602583756800&postID=5827605344146402872&page=1&token=1360791561005 http://www.design-award.co.il/projects.php?act=show&id=254&msg=5 http://www.produk-bandung.com/blog/?p=3#comment-30767

    jarjestyksenvalvoja elokuvat 2011 http://surveys.questionpro.com/a/TakeSurvey?id=3403904 neste tadalafil sitraatti annostus [url=http://flavors.me/edfins_makedihou1989] voimakasta Van Cleef Vindicator youtube[/url] yleinen sildenafiilisitraatti vs viagra jarjestyksenvalvoja turvallisuus troy mi viagra vaikuttavuuden aika

    BalasHapus
  26. [url=http://www.freewebs.com/muslimpharmacistsassociation/apps/profile/106994925/]Buy Discount Levaquin Online No prescription! Discount Pharmacy[/url] Buy Discount Levaquin Online No prescription! Discount Pharmacy Buy Discount Levaquin Online No prescription! Discount Pharmacy
    [url=http://www.freewebs.com/muslimpharmacistsassociation/apps/profile/106993968/]Order Cheap Xenical pills Online No prescription! Tablets[/url] Order Cheap Xenical pills Online No prescription! Tablets Order Cheap Xenical pills Online No prescription! Tablets
    [url=http://www.freewebs.com/muslimpharmacistsassociation/apps/profile/106994726/]Order Cheap Renova tablets Online No prescription! Free Delivery[/url] Order Cheap Renova tablets Online No prescription! Free Delivery Order Cheap Renova tablets Online No prescription! Free Delivery
    [url=http://www.freewebs.com/muslimpharmacistsassociation/apps/profile/106986339/]Purchase Cheap Celebrex tablets Online No prescription! Tablets[/url] Purchase Cheap Celebrex tablets Online No prescription! Tablets Purchase Cheap Celebrex tablets Online No prescription! Tablets


    http://www.freewebs.com/muslimpharmacistsassociation/apps/profile/106995118/
    http://www.freewebs.com/muslimpharmacistsassociation/apps/profile/106985754/
    http://www.freewebs.com/muslimpharmacistsassociation/apps/profile/106989910/
    http://www.freewebs.com/muslimpharmacistsassociation/apps/profile/106996078/

    BalasHapus
  27. [url=http://www.world66.com/member/spymobile_3zoiw47e/][img]http://emeds.biz/pics/spymobile.png[/img][/url]
    mobile spying devices http://www.world66.com/member/spymobile_z0aa67xf/ hack cell phone into spy device [url=http://www.world66.com/member/spymobile_s06y0llm/] watch himym online season 8 episode 6[/url] cell phone spy software 2012 anti spy listening devices download spy software for mobiles
    mamoleptino321 http://archive.org/details/paunokogo http://archive.org/details/conlicosha http://archive.org/details/dytangocorn
    spy phone for iphone 5 http://surveys.questionpro.com/a/TakeSurvey?id=3440671 cell phone spy software iphone 5 [url=http://www.world66.com/member/spymobile_7rw5nh16/] text monitoring iphone free[/url] free mobile phone in india best cell phones spy software free android spy phone app
    http://archive.org/details/obcinduro http://www.world66.com/member/spymobile_dtpvwjg2/ http://www.world66.com/member/spymobile_weh9flxp/
    [url=http://kemahasiswaan.uin-malang.ac.id/]best phone spy tool[/url]
    http://op.dk/gammel-og-reaktionaer.html#comment-422220 http://www.bauwage.de/gbook/index.php http://www.blogger.com/comment.g?blogID=13651292&postID=4258506586252083733&page=1&token=1364427705996 http://tsuduku.net/trpg/doudan_task/html/admin.cgi?action=new_form&project=doudan_naisei http://nhopccqvjd.ptfkpx.vtre.qvofj.qypvthu.loqu.forum.mythem.es/aabgqd/berettigelsen/monkeyry/
    spybubble free trial download http://flavors.me/mobilespy_aromsocern1973 spy kids 4 games play online [url=http://archive.org/details/paunokogo] free spyware apps for cell phones[/url] watch spy kids (2001) full movie online best phone spy software iphone spy free download

    BalasHapus
  28. Hello, its nice piece of writing regarding media
    print, we all know media is a great source of information.


    Feel free to visit my web site videos de musica

    BalasHapus
  29. 頻繁述べられたジャッキー ・ オナシス中の人々 を関連付ける伝統的なサワー
    クリーム パーティーハンドバッグ、グッチ ジャッキー
    バッグ女性。信じられない、あなた支払いカード可能性がありますが十分な・ リワードのポイント常に使用を取得するグッチ時計過剰。1 つこの靴を購入するホットなプラットフォーム様々 な他のアクセサリーはイタリア語ブティック。カジュアルと提携してとき大きく見るアパレル。

    my page ... Gucci 激安

    BalasHapus
  30. saya ucapkan banyak terima kasih...atas bantuan mas rami masalah saya 2 bulan terpecahkan..oia, saat ini blogspot telah mengupdate beberapa bagian pada platformnya dan jika boleh saya tambahkan 1 langkah lagi yaitu menambahkan 1 record lagi untuk penempatan pasangan (item yg dibawahnya www------ghs.google)....terima kasih...

    BalasHapus
  31. thanks for this friendly blog and nice sharing.
    you can visit mine at Layanan Bsd Serpong

    BalasHapus
  32. thank you for this blog Pijat Panggilan Ciledug Related to this post The service was impeccable, and the staff was friendly and attentive.

    BalasHapus
  33. Pijat Panggilan Jakarta HANAGI SPA merupakan salah satu layanan pijat panggilan ke tempat anda di kawasan Jakarta dengan tenaga terapis wanita muda ramah sopan terlatih dan berpengalaman.

    BalasHapus

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger