Anime Yang Wajib Ditonton Oleh Kamu Yang Baru Masuk SMA

7/28/2013


Wah udah tahun ajaran baru aja nih, yang baru lulus SD masuk SMP, yang baru lulus SMP masuk SMA, dan ada juga yang baru lulus SMA kayak gue hehe. Kamu yang baru lulus SMP pasti seneng banget sekarang udah duduk di bangku SMA, yang tadinya pake celana bitu pendek, sekarang udah pake celana abu-abu panjang, yang tadinya di kantong masih kuning-kuning, sekarang udah coklat-coklat *apa ini?*. Dan kalian pun bahagia tak terkira saat membayangkan masa SMA yang asik dan keren seperti di sinetron dan FTV, dengan segala persahabatan dan kisah cinta romantis. Tapi tunggu, masa SMA yang sebenarnya tidak selalu seperti itu, dan kamu harus usaha agar mendapatkan kenangan masa SMA yang tidak terlupakan. Nah, untuk ini, kamu membutuhkan panduan, dan sinetron maupun FTV bukanlah merupakan panduan yang baik. Coba Anime. Ya, kebanyakan karakter utama anime itu anak SMA, dan gak sedikit anime yang mengambil setting kehidupan sekolah (genre School Life). Anime school life tentu mencakup banyak kegiatan-kegiatan sekolah mulai dari memilih club atau eskul, bunkasai (festival budaya), ujian, study tour, dan tentu saja kisah cinta dan persahabatan antar teman sekolah, sebuah panduan lengkap untuk menjalani masa SMA bukan?

Dengan menonton anime school life, setidaknya kalian bisa melihat gambaran kehidupan SMA yang umum sampai yang gak biasa, dan dengan menontonnya di saat-saat baru masuk gini, kalian jadi punya waktu banyak buat mikir serta bikin rencana untuk melakukan hal-hal yang kalian liat di anime. Contohnya, kalian bisa nentuin mau masuk OSIS apa enggak, pengen tau serunya jadi anggota OSIS dan apa yang bisa kalian lakukan di OSIS, bisa diliat di anime school life, atau kalian bisa merencanakan kegiatan yang bakal dilakuin kalo study tour nanti, dengan berdasarkan anime yang kalian tonton. Bahkan kalau kalian jeli, kalian bisa menerapkan cara-cara yang dilakukan karakter di dalam anime untuk mendapat teman, menjaga persahabatan, bahkan untuk pedekate dengan gebetan, cucok? 

Nah, dari sekian banyak anime school life yang telah bersliweran dari zaman papan tulis kapur sampe sekarang, berikut gue udah pilihkan beberapa rekomendasi gue yang wajib kamu tonton di awal masuk SMA in case kamu belum nonton, semoga bisa menjadi inspirasi kamu untuk mewujudkan masa SMA yang indah dan patut dikenang sepanjang masa, jangan sia-siakan masa muda, nak! cekidot



Kokoro Connect 


Type: TV 
Episodes: 13 
Status: Finished Airing 
Aired: Jul 8, 2012 to Sep 30, 2012 
Producers: Starchild Records, Silver Link, Sentai FilmworksL, Enterbrain 
Genres: Comedy, Drama, Romance, School, Supernatural 
Duration: 24 min. per episode 
Rating: PG-13 - Teens 13 or older 

Lima orang anak tahun pertama yang gak bisa get-along dengan eskul pilihannya memutuskan untuk keluar dan membentuk club sendiri. Kedekatan mereka yang tergabung dalam satu club ini membuat mereka menjadi sahabat yang akrab. Tapi suatu hari, terjadi fenomena aneh di antara mereka berlima yang menguji hubungan persahabatan mereka. Bagaimana mereka berlima menghadapi fenomena aneh ini? Dapatkah mereka tetap percaya satu sama lain setelah semua yang terjadi? Semuanya diceritakan dengan plot yang alus di anime ini, dengan perlahan-lahan mengungkap background masing-masing lima karakter utamanya. 



Anime ini wajib kamu tonton waktu masuk SMA karena walau fenomena yang terjadi itu metafisika, tapi problem hubungan yang ada di anime ini sering terjadi di kehidupan sehari-sehari, baik hubungan dengan teman maupun menyangkut soal percintaan. Nonton anime ini dan kamu akan lebih menghargai perbedaan di antara teman-temanmu dan belajar bagaimana cara tetap menjaga persahabatan walau sedang diterpa masalah yang serius. 

Toradora! 


Type: TV 
Episodes: 25 
Status: Finished Airing 
Aired: Oct 2, 2008 to Mar 26, 2009 
Producers: J.C. Staff, Genco, Starchild Records, Magic Capsule, NIS America, Inc.L, Yomiuri Advertising, TV Tokyo Music 
Genres: Comedy, Romance, School, Slice of Life 
Duration: 24 min. per episode 
Rating: PG-13 - Teens 13 or older 

Tahun ajaran baru dimulai, Takasu Ryuuji yang naik ke kelas dua SMA harus beradaptasi lagi dengan teman sekelasnya yang baru. Karena sorot matanya yang menyeramkan, banyak yang mengira dia adalah yankee dan banyak anak takut padanya, bahkan guru sekalipun. Tak disangka, ternyata di kelas barunya dia bertemu dengan Aisaka Taiga, seorang cewek yang berperawakan kecil tetapi terkenal dengan kegalakannya, banyak anak dan guru juga takut padanya, dia dijuluki sebagai Tenori Taiga (Palmtop Tiger). Secara tidak sengaja, diketahui kalau ternyata Taiga suka dengan sahabat Ryuuji dan Ryuuji suka dengan sahabat Taiga, mereka pun akhirnya memutuskan saling membantu untuk mendekati orang yang mereka sukai itu, tapi alih-alih sebagai partner, hubungan Ryuuji-Taiga lebih mirip kepada hubungan anjing dan majikan dengan Ryuuji sebagai anjingnya yang selalu melayani dan ada di sisi Taiga, majikannya. 



Konflik yang terjadi di anime ini diceritakan dengan sangat seru dan menghibur, tetapi banyak percakapan di dalamnya yang memiliki makna tersembunyi yang membuat gue sangat mengagumi anime ini sebagai sebuah anime yang cerdas. Gue gak biasanya nonton genre romance, but trust me, Toradora! is definitely the very recommended one. Kalian akan melihat bagaimana sebuah hubungan cinta yang rumit masih bisa menghibur. (Dan sepertinya gue sudah jatuh hati pada Taiga >.<)

Danshi Koukousei no Nichijou(Daily Life of Highschool Boys) 


Type: TV 
Episodes: 12 
Status: Finished Airing 
Aired: Jan 10, 2012 to Mar 27, 2012 
Producers: Sunrise, TV Tokyo, Square Enix, NIS America, Inc.L, Trinity Sound 
Genres: Comedy, School, Shounen, Slice of Life 
Duration: 25 min. per episode 
Rating: PG-13 - Teens 13 or older 

Judul anime ini kayaknya udah ngejelasin anime ini tentang apa. Ya, anime yang bercerita tentang kehidupan para cowok-cowok SMA ini sangat cocok buat kamu yang pengen hiburan. Menceritakan tentang sekumpulan anak-anak cowok di SMA khusus cowok dengan segala keseharian mereka, dibawakan melalui sudut pandang seorang cowok lengkap dengan segala pikiran dan isi kepala cowok SMA kebanyakan. Dengan satu episode yang terdiri dari beberapa chapter singkat yang cuma terdiri dari set-up dan punchline, memang ditujukan untuk membawa tawa bagi kita semua.





G
ak ada romansa, gak ada drama, cuma komedi yang menggelitik. Jangan remehkan desain animasinya yang sederhana, this anime got everything needed to make you laugh. Sebagai seorang cowok, gue menemukan anime ini bener-bener bisa membawakan dengan sudut pandang cowok dan menemukan banyak moment "that's so true!". Berharap menemukan yang moe-moe di anime ini seperti berharap menemukan macaron di tukang gorengan, gak ada. Tapi hey, kamu sangat bisa menjadikan anime ini sebagai panduan untuk hal-hal bodoh apa yang bisa dilakukan di SMA.
K-ON! 

Type: TV 
Episodes: 13 
Status: Finished Airing 
Aired: Apr 3, 2009 to Jun 26, 2009 
Producers: Kyoto Animation, Pony Canyon, TBS, Movic, Rakuonsha, Bandai EntertainmentL, Animation Do 
Genres: Comedy, Music, School, Slice of Life 
Duration: 24 min. per episode 
Rating: PG-13 - Teens 13 or older 

Hirasawa Yui senang karena akhirnya dia menjadi anak SMA, setelah di SMP dia gak ikut club apapun, di SMA ini dia ingin bergabung dengan sebuah club. Itulah saat dia menemukan klub musik ringan (kei ongaku atau disingkat K-ON) walau dia gak bisa main alat musik. Anime ini menceritakan keseharian klub K-ON yang penuh dengan keseruan, keceriaan dan kelucuan, serta perjuangan mereka mulai dari membentuk band dari awal dan mengejar cita-cita untuk manggung di Budokan. 



Kalau tadi anime cowok, nah ini anime cewek, tapi tetep aja gue yang cowok pun suka banget nonton K-ON!, karena melihat kelucuan Yui, Ritsu dan lain-lain itu sangatlah menghibur. Kamu yang baru masuk SMA harus nonton K-ON karena... hmmm.. karena... karena it's an all-happy anime! Jauh sekali dari kesan sedih dan muram, selalu ceria dan bahagia. Anime yang ringan dan karakter-karakternya yang loveable dan cocok ditonton kapan saja ini sangat menggambarkan hangatnya persahabatan antar anggota club. 

Baka to Test To Shoukanjuu 

Type: TV 
Episodes: 13 
Status: Finished Airing 
Aired: Jan 7, 2010 to Apr 1, 2010 
Producers: FUNimation EntertainmentL, Silver Link, Cospa 
Genres: Comedy, Romance, School, Super Power 
Duration: 24 min. per episode 
Rating: PG-13 - Teens 13 or older 

Fumizuki Academy berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya. Sekolah ini memiliki sistem penilaian yang unik, dimana para siswa bisa menyatakan perang atas kelas lain, perang yang dimaksud adalah Exam Summoning Battle (ESB) dimana para siswa men-summon makhluk summoned-being nya dan perang dengan kelas lain. Poin kekuatan summoned-being tergantung dari nilai para siswa di ujian yang mereka ikuti. Kelas yang menang memiliki hak untuk bertukar fasilitas dengan kelas yang kalah. Maklum, di sekolah ini, diberlakukan sistem diskriminasi kelas yang mana kelas dibagi menjadi kelas A sampai kelas F, kelas A adalah kelas untuk anak-anak paling pintar yang mendapat nilai tertinggi di tes penempatan kelas, kelas A memiliki fasilitas mewah layaknya hotel bintang lima. Sementara kelas F? kelas paling bontot yang butut banget.



Anime dengan konsep yang sangat unik ini wajib banget ditonton sama kamu yang baru masuk SMA, karena dibalik battle nya yang seru ditonton, dramanya yang menyentuh, dan pastinya komedinya yang gak ketulungan lucunya, anime ini membawa pesan moral yang sangat positif. Anime ini menceritakan sesuatu dari sudut pandang seorang Yoshii Akihisa, anak kelas F yang bodoh. Gue suka gimana anime ini menjelaskan tentang gap perbedaan pandangan antara orang bodoh dan orang pintar, filosofi dari menjadi orang bodoh, dan lain sebagainya (anime ini semakin sarat pesan moralnya di season 2). Anime ini juga mengajarkan kalau pertemaan jauh lebih penting dari sekedar fasilitas, juga bahwa nilai bukanlah segalanya, jika kita mau berusaha dengan sungguh-sungguh, kita bisa meningkatkan nilai kita, dan banyak lagi. Pengalaman gue sih, abis nonton Baka Test, gue jadi semangat buat belajar. Kamu bisa baca review lengkap gue tentang Baka to Test to Shoukanjuu disini

SKET Dance 


Type: TV 
Episodes: 77 
Status: Finished Airing 
Aired: Apr 7, 2011 to Sep 27, 2012 
Producers: TV Tokyo, Avex Entertainment, Dentsu, Tatsunoko Productions 
Genres: Comedy, School, Shounen 
Duration: 24 min. per episode 
Rating: PG-13 - Teens 13 or older 

Bagaimana jika ada club sekolah yang bertujuan untuk membantu orang lain? Itulah yang dilakukan oleh Bossun, Switch, dan Himeko. Mereka bertiga membentuk club SKET Dance yang bertujuan untuk membantu orang menyelesaikan masalahnya. Apa saja, mulai dari sekedar konsultasi, sampai mencari barang yang hilang, SKET Dance akan membantu, sesuai mottonya yakni Support, Kindness, Encouragement, Troubleshoot (SKET). Bagaimana SKET Dance membantu para klien dengan permintaan mereka yang kadang aneh-aneh sangat sukses mengocok perut siapa saja yang menontonnya. 



Walau kadar komedi anime ini sangat cukup untuk membuat kita mengalami kram perut stadium 4, tapi lebih dari itu, beberapa episode SKET Dance sangat menyentuh dan sarat dengan pesan moral. Alhasil, emosi kita akan diaduk-aduk dari ngakak karena liat tingkah Bossun dan kawan-kawan, sampe menitikan air mata di beberapa scene drama yang mengharukan. Persahabatan antar anggota SKET Dance yang sangat solid dan keinginan mereka untuk membantu orang dengan tulus akan menginspirasi dan mengajarkan kamu banyak hal. Bahkan gue tak ragu menyebut anime yang terdiri dari 77 episode ini sebagai salah satu anime yang mengubah hidup gue, dibawakan dengan latar kehidupan sekolah membuat pesan-pesan moral di dalamya mudah tersampaikan dan mengena. Pokoknya wajib banget nonton anime ini, gue aja nyesel banget baru nonton SKET Dance pas udah kelas 3 SMA, kenapa gak dari kelas 1 gue nonton yak.

Itulah beberapa anime yang menurut gue wajib ditonton oleh kamu yang baru masuk SMA. Setiap anime memiliki cerita yang berbeda tapi tetap berlatar kehidupan SMA yang sangat dekat dengan kita, dengan konflik-konflik yang umum terjadi di sekitar kita, makanya pesan-pesan yang disampaikan di anime-anime tersebut akan lebih mudah kita dapatkan dan aplikasikan. Jadi, bagi yang belum pernah nonton anime-anime di atas, buruan tonton mumpung baru masuk SMA. Dan menurutmu, kira-kira anime apa lagi yang wajib di tonton oleh yang baru masuk SMA selain yang di atas? berikan komenmu di bawah ya :D 

 ENJOY YOUR DAY!


===========
PENGUMUMAN!

Mulai Mei 2014, tulisan tentang anime, manga, musik jepang, event jepang, pokoknya hal-hal jejepangan lain gue posting di web www.mutsuriniteam.com , bukan di blog ini lagi. Jadi silahkan kunjungi web Mutsurini Team untuk tulisan berbau jejepangan gue yang terbaru! \(^_^)/

 ===========

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

38 comments

  1. Itu yang nichijou epic banget episodenya, kalo ga salah ada versi 'school girl'-nya deh dan sama ngawurnya XD

    Sama mau nambahin Melancholy of Haruhi Suzumiya, itu hampir sama kayaknya sama anime pertama di atas :D

    BalasHapus
  2. @Ekky Pramana
    iya pas di akhir ada yg highschool girl, itu gambaran sengeselin-ngeselinnya cewek di mata cowok kayaknya XD

    hoo itu sering denger tapi belum nonton ._.

    BalasHapus
  3. SKET-DANCE !
    barusan aja gue selesai nonton semua 77 episode nya. actually gue suka semua karakternya, tapi paling suka sama switch nya :3

    kira-kira faktor apa ya yang bikin anime punya batas finished airing nya?
    apa kabar sama dragon-ball yang masih lanjut terus hahahaha

    BalasHapus
  4. Kalau gue yang bikin ginian bakalan ada "demo FPI" yah?
    Ehehehehehe ~~

    BalasHapus
  5. @Dita Khusnul Khotimah
    hoho sudah tamat ya, keren banget kan XDb
    kalo gue paling suka Daisy-chan :3

    kayaknya faktor cerita (kan ngikutin manga) sama kontrak atau apa dengan studio gitu deh, kan umumnya 12,13, atau 25 episode. Ada juga yang kayak Black Rock Shooter, katanya rencananya mau 12 episode, tapi jadi cuma 8 karena feedback negatif ._.

    BalasHapus
  6. @Farid Azroel
    Jangan rusak generasi bangsa, Bang!

    BalasHapus
  7. lanjut gan. manteb buat nya. teman liburan nie anime

    BalasHapus
  8. "Clannad" juga bagus untuk anak SMA -_^

    BalasHapus
  9. @Anonim
    iya sih, tapi gue belum nonton Clannad XD

    BalasHapus
  10. ada review anime school yg lain gk ???

    BalasHapus
  11. @shini nasai
    mungkin nanti menyusul yang lainnya :D

    BalasHapus
  12. Kalo nonton anime itu perlu subtitle juga gak sih?:|

    BalasHapus
  13. danshi koukousei bikin ngakak, apalagi pas yang minjem rok sama dalemannya adeknya .___.

    coba sakurasou no pet na kanojo, kalo buat cewek cewek kayaknya pada suka kimi ni todoke

    BalasHapus
  14. Ada link download selain youtube gak? Hehehe :D

    BalasHapus
  15. Yosuga no sora juga bagus *LOL* xD hehe

    BalasHapus
  16. @Rayhan Ramayudanto
    biasanya kalo download anime udah bundle sama subtitlenya, tempat downloadnya juga tempat subtitle nya :D

    BalasHapus
  17. @justdreamergirl
    haha ngakak banget pas bagian itu... XD

    yup, bisa bisa :D

    BalasHapus
  18. @Imaniar Hanifa
    banyak pilihan, subtitle nya beda-beda, googling deh..
    kalo gue biasanya di animetake XD

    BalasHapus
  19. Bagaimana dengan Watamote (Watashi ga Motenai no wa Dou Kangaetemo Omaera ga Warui!) ini juga kocak gan!! tapi masih ongoing :D

    BalasHapus
  20. @Ilham Yoga
    ane belum nonton tuh, okedeh buat nambah rekomendasi nih :D

    BalasHapus
  21. ijin buka dulu riview you tube nya :)

    BalasHapus
  22. @vina devina
    yo.. btw itu yg video cuma opening song nya, bukan review XD

    BalasHapus
  23. Wah,,,,, emang kerensemua tuh..... hehehehe

    BalasHapus
  24. wih ada toradora.. :D
    ini anime epic bgt,, suer keren..
    walo di episode awal2nya masi belom begitu nyaut tapi lama kelamaan kerasa bgt pesan moral nya... suer ampe terharu ngeliatnya >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, Toradora! makin lama makin keren, dan puncaknya di endingnya XD

      Hapus
  25. Cocok sama gue yang masih berstatus "maba" nih.
    Paling penasaran sama toradora :') *bagi animenya dong*

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Jujur deh, ane nonton sket dance waktu kelas 3 smp, sampe-sampe lupa latian soal buat UN X'D *eh
    Rata-rata aanime yang disebutin diatas ane tonton waktu kelas 2 smp, kecuali toradora yang mpe skrg blm slese nonton :'D

    oh iya azumanga daioh sma nichijou juga kayaknya bisa disebutin huohohooo

    BalasHapus

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger