Bisnis Yang Dikutuk (Part 1)

6/18/2011



cap cip cup belalang kuncup.. gue lagi marah nih.. bayangin donk muka gue marah ok? hmmm.. sip! parah nih pokoknya gue emosi banget, pengen gue ceritain ya ke lu semua..
Masih membahas Marketing-marketing gila, setelah sebelumnya bahas Pedagang yang nodong sekarang mau bahas bisnis lainnya yang pasti dikutuk, jangan buka bisnis kaya ginian kalo ngga mau dikutuk!


Jadi gini ceritanya, semalem itu adek gue yang masih kelas 1 SD (eh hari ini dia bagi raport lho.. naik kelas 2 SD) liat iklan di , mainin hape emak gue.. diaTV gitu yang suruh download game ketik *977*blablablablabla.. dia liat game zuma dan pengen download, biasa kan embel-embel di iklan "hanya dengan seribu rupiah kamu bisa dapetin game zuma keren ini di hape kamu". halaaaaaaah.. adek gue malah kemakan iklan dan hubungi *977*blablablabla itu.. ya gue maklum sih, masih kelas 1 SD gitu.. yaudah alhasil hape emak gue di sms-in tentang game-game gitu.. mending kalo sms nya informatif, kayak berita misalnya game ini diluncurkan blablabla, atau ada event game blablabla.. lah ini sms isinya promo diri sendiri!! siapa sih yang ikhlas di sms-in sms gak berguna, NYEDOT PULSA LAGI! *sabar sabar* okelah.. gue anggap ini masih kesalahan adek gue yang ngga tau menau tentang jahatnya bisnis ini *dek.... kamu gak boleh punya hape dulu ya*



Pas dia sms langsung gue UNREG -in aja tuh.. eh ga taunya yang bikin gue kesel.. udah di UNREG, dia tetep sms.. dan gak ada sms konfirmasi bahwa gue udah berenti langganan, biasanya kan ada "Terimakasih anda sudah berhenti berlangganan untuk kembali berlangganan ketik blablablabalb" ini ngga ada!  yang ada cuma sms gak jelas kayak gini :
"Terimakasih.. aduh aduh.. mau langganan blablablabla (promosi yg lain)" 


WOY INI MAKSUDNYA APAAN!!?? yang bikin gue jijik apa itu "aduh..aduh.." -____-'
saking keselnya gue sms lagi UNREG berulang-ulang.. tetep dia sms lagi yang "terimakasih aduh aduh.." panci somay!!! 






Okelah mungkin si "aduh..aduh" itu adalah konfirmasi bahwa gue udah berenti berlangganan.. gue cek pulsa emak gue dan ternyata tinggal lima ribuan. Padahal tadi siang baru ngisi ceban dan belum dipake apa-apa cuma sms doank sekalli dua kali. Parah parah.. okelah gue masih maklumin, anggap aja ini adalah biaya pelajaran untuk adek gue biar ga suka nelpon-nelpon yang kayak begituan lagi.. gue langsung memberi penjelasan panjang lebar kepada adek gue itu tentang jahatnya bisnis nyedot pulsa ini. Kebetulan iklannya lagi ada di TV, gue bilang :


gue : "Jangan kayak gitu lagi ya.. itu mah bohongan, nanti dia nyedot pulsa, kalo mau download game bilang aja ke A'a, mau download seratus game juga A'a download-in ga usah pake bayar seribu-seribuan, malah akhirnya pulsa mama kesedot banyak tuh...."
adek gue : "iya.."
*ada iklan di tv*
gue : "noh.. tadi nelpon yang kaya gitu ya.. nomornya yg itu ya?"
adek gue : "iya.. eh beda, tadi mah zuma, ini mah tower blox"
gue : "tapi nomornya sama kan?"
adek gue : "iya.."
gue : "noh kan.. berarti dia bohong, mau gamenya zuma, tower blox, tetep aja nomornya itu itu juga.. tetep aja kita harus download lagi, dia cuma ngasih link doank.. blablablablablablbalbalbalbalbla"
adek gue : "iya *tertunduk*"


belum selesai gue ceramahin adek gue.. tiba-tiba hape emak gue bunyi lagi sms.. "tit tit... tit tit" (nokiem banget). begitu gue liat, apa coba yang masuk?


"Silahkan download game pilihanmu disini : http://m.kiosgamegratis.com/blablablablabla/ pastikan GPRS dan Internet kamu aktif dan kamu bisa download gamenya" (gue ga hapal persis sih linknya, gue ga tau cara screenshoot di hape emak gue, dan waktu postingan ini dibuat, emak gue lagi keluar) yang jelas.. ada kata-kata Gratis .. GRATIS.. GRATIS WOY!!! dengan kata lain.. kalopun kita ngga langganan ke dia dan kita tau link itu.. kita bisa download game sepuas kita dengan GRATIS!!!!!  (mampus lo) jadi disini, posisi dia cuma ngasih tau link download doank.. ngga nyediain tempat download premium, yang kalo kita langganan di kasih password dan username.. ckckckck gak modal banget!


Yang paling gue ga terima adalah dia sekali sms dua kali.. jadi doble.. DAN DENGAN SMS YANG SAMA!! otomatis pulsa yang kesedot double! gue lirik emak gue.. emak gue bilang :


emak : "sms dari siapa?"
gue : "9877"
emak : "aduuuh deek... jangan kayak gitu lagi ya deeeek.. aduh"
adek gue : *tertunduk*


Langsung aje gue UNREG lagi... dan ngga muncul sms : "Terimakasih aduh..aduh". Pas gue cek pulsa emak gue.. ajaib, pulsanya tinggal seribu (-__-"), mah.. mah.. anakmu yang ABG aja ga pernah ngabisin sepuluh ribu sehari.. 
iyalah my, lu mau nelpon siapa kayak punya cewek aja 


emak gue : "pulsanya tinggal berapa?"
gue : " hehe.. seribu mah"
emak gue : "aduuuh.. dek, noh jangan gitu lagi ya...aduuh"
adek gue : *tertunduk*


Kasian emak gue, padahal dia lagi butuh pulsa banget buat nelpon dan sms adek gue yang gede lagi di Malay, baru aja ngisi pulsa, terus hapenya diambil adek gue yg kecil dan sudaah..habis sudah pulsanya.


Yah. 9rb adalah harga yang harus emak gue bayar buat ngajarin adek gue atas kejamnya bisnis di Indonesia, Indonesia keras dek, TV banyak godaannya.. gue juga kasian sama adek gue, dia kayaknya merasa bersalah banget.. sampe-sampe waktu sms masuk terus dia bilang 


adek gue : "Bales aja smsnya : "SAYA GAK JADI" gitu..! "
gue : "iya dek, udah di UNREG kok." kata gue ngeliat wajah merasa bersalah adek gue.. huhuhuhu kasian.


Tadinya gue mau jelasin panjang lebar hasil penelitian gue tentang bisnis sms ini menurut penelitian gue sebagai Pengamat Periklanan.. tapi kayaknya post nya udah kepanjangan deh.. jadinya sekarang cuma cerita aja, gue akan tulis di post selanjutnya, abis ini langsung gue tulis oke?



ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

1 comments

  1. kak, itu beneran dia balesnya pake aduh aduh ? wkwkwkw, lucu juga adeknya kak, masa dia nyuruh kakak bales pake "SAYA GAK JADI" ? buakakka

    BalasHapus

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger